Rabu, 17 Desember 2014

PEMROGRAMAN DESKTOP

SEJARAH PEMROGRAMAN DESKTOP
Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher , pertama WYSIWYG layout program, yang berjalan di atas 128K asli Macintosh komputer. (Desktopsusunan kata , dengan hanya makeup fasilitas halaman yang terbatas, telah tiba di 1978-9 dengan pengenalan TeX , dan telah diperpanjang pada awal tahun 1980 oleh LaTeX pasar.) DTP itu meledak di tahun 1985 dengan diperkenalkannya pada bulan Januari Apple LaserWriter printer , dan kemudian pada bulan Juli dengan diperkenalkannya PageMaker perangkat lunak dari Aldus yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP.
Publikasi pertama yang diketahui menggunakan 'desktop publishing' untuk diproduksi massal dan dijual publikasi adalah Kitab Barter di Campbell River British Columbia yang mulai menerbitkan pada bulan Oktober 1984. Barter Buku membeli komputer Macintosh dan imagewriter Apple pada bulan Februari 1985. Menggunakan MacPublisher I, II dan III yang berulang kali jatuh. Kemudian mencoba Pagemaker II dengan hasil yang sama. Perangkat lunak pertama yang bekerja sempurna adalah Ready, Set, Go.
Kemampuan untuk membuat WYSIWYG layout halaman di layar dan kemudian mencetakhalaman pada garing 300 dpi resolusi yang revolusioner bagi industri susunan kata dan industri komputer pribadi. Surat Kabar dan publikasi cetak lain yang dibuat pindah ke program berbasis DTP dari sistem tata letak lama seperti Atex dan program lain seperti itu di awal 1980-an.
Istilah "desktop publishing" tersebut diberikan untuk Aldus Corporation pendiri Paulus Brainerd , yang mencari pemasaran menangkap-frase untuk menggambarkan ukuran relatif kecil dan keterjangkauan suite ini produk dalam kontras dengan mahal komersial phototypesettingperalatan hari.
Dengan standar ini, desktop publishing awal adalah urusan primitif. Pengguna PageMaker-LaserWriter-Macintosh 512K sistem mengalami crash perangkat lunak sering, Mac kecil 512 x 342 dan putih layar-bit hitam 1, ketidakmampuan untuk mengontrol spasi huruf , kerning (penambahan atau penghapusan ruang antara karakter individu dalam sepotong teks mengeset untuk memperbaiki penampilan atau mengubah sesuai perusahaan) dan lainnya fitur tipografi , dan perbedaan antara tampilan layar dan dicetak output. Namun, hal ini merupakan kombinasi revolusioner pada waktu itu, dan telah diterima dengan sambutan yang cukup besar.
Layar belakang teknologi yang dikembangkan oleh Adobe Systems menetapkan dasar untuk aplikasi desktop publishing profesional. The LaserWriter dan Plus LaserWriter printer termasuk kualitas tinggi, scalable Adobe PostScript -font dibangun ke mereka ROM memori. The LaserWriter's PostScript kemampuan diizinkan publikasi desainer untuk file bukti pada printer lokal kemudian mencetak file yang sama di DTP biro jasa menggunakan resolusi optical 600 + ppi-printer PostScript seperti dari Linotronic . Kemudian, Macintosh II dirilis yang jauh lebih cocok untuk desktop publishing karena yang lebih besar, layar warna, dukungan untuk menampilkan beberapa, kapasitas RAM yang lebih besar dan perusahaan SCSI interface penyimpanan yang diizinkan cepat, berkapasitas tinggi hard drive harus terpasang ke sistem.
Meskipun berbasis sistem Macintosh akan terus mendominasi pasar, di 1986, GEM berbasisVentura Penerbit diperkenalkan untuk MS-DOS komputer. Sementara karton metafora's PageMaker erat simulasi proses pembuatan layout secara manual, Ventura Publisher otomatis proses tata letak melalui penggunaan tag / style sheet dan secara otomatis dihasilkan indeks dan bahan tubuh lainnya. Hal ini membuat cocok untuk buku pedoman, dan lainnya lama-format dokumen. Desktop publishing pindah ke pasar dalam negeri pada tahun 1986 dengan Profesional Page untuk Amiga ,Penerbitan Partner (sekarang PageStream) untuk Atari ST , GST's Timeworks Penerbit pada PC dan Atari ST dan Calamus untuk TT030 Atari . Bahkan untuk komputer 8-bit seperti Apple II danCommodore 64 software diumumkan: Home Penerbit, The Berita dan geoPublish .
Selama tahun-tahun awal, desktop publishing mendapatkan reputasi buruk dari pengguna yang tidak terlatih yang kurang terorganisir menciptakan efek tebusan catatan layout - kritik yang akan dikenakan lagi terhadap awal web penerbit satu dasawarsa kemudian. Namun, beberapa mampu mewujudkan hasil yang benar-benar profesional. Misalnya, . majalah info menjadi desktop pertama yang diterbitkan, penuh warna, kios koran majalah pada triwulan terakhir tahun 1986, menggunakan kombinasi Commodore Amiga komputer, perangkat lunak penerbitan desktop Profesional Page, dan Agfa seter Graphics. Yang dikenal pertama "publikasi desktop" adalah Barter Buku yang diterbitkan di Campbell River British Columbia Kanada. Using a 512k Fat Mac and an imagewriter in February 1985. Menggunakan Mac 512K Lemak dan imagewriter sebuah pada bulan Februari 1985.
Seringkali dianggap sebagai keterampilan dasar, peningkatan aksesibilitas untuk lebih ramah-pengguna perangkat lunak DTP telah membuat DTP keterampilan sekunder ke arah seni ,desain grafis , multimedia pembangunan , komunikasi pemasaran , karir administrasi dan keaksaraan lanjutan sekolah tinggi di negara berkembang. Tingkat keterampilan DTP berkisar dari apa yang mungkin bisa dipelajari dalam beberapa jam (misalnya belajar bagaimana memasukkan clip art dalam pengolah kata) untuk apa yang memerlukan pendidikan perguruan tinggi dan tahun pengalaman (misalnya agen periklanan posisi). Disiplin keterampilan DTP berkisar dari keterampilan teknis seperti produksi prepress dan pemrograman untuk keterampilan kreatif seperti desain komunikasi dan pengembangan citra grafis .
Kapan desktop publishing diciptakan?
Beberapa peristiwa pertengahan 1980-an termasuk pengembangan Aldus PageMaker (sekarang Adobe PageMaker) diantar masuk era desktop publishing. Ini memang pengenalan baik LaserWriter Apple, desktop printer PostScript, dan PageMaker untuk Mac yang menggebrak revolusi desktop publishing. Aldus Corporation pendiri Paul Brainerd, biasanya dikreditkan untuk coining kalimat, "desktop publishing." 1985 adalah tahun yang sangat baik.
  1. 1984 - The Apple Macintosh debut.
  2. 1984 - Hewlett-Packard memperkenalkan LaserJet, printer laser desktop yang pertama.
  3. 1985 - memperkenalkan Adobe PostScript, industri standar Page Deskripsi Language (PDL) untuk typesetting profesional.
  4. 1985 - Aldus PageMaker mengembangkan untuk Mac, penerbitan "pertama desktop" aplikasi.
  5. 1985 - Apple menghasilkan LaserWriter, printer laser desktop yang pertama mengandung PostScript.
  6. 1987 - PageMaker untuk platform Windows diperkenalkan.
  7. 1990 - kapal Microsoft Windows 3.0.
Maju cepat tahun 2003 dan seterusnya. Anda masih dapat membeli Hewlett-Packard dan Apple LaserJets LaserWriters tetapi ada ratusan printer lainnya dan produsen printer untuk memilih dari juga. PostScript adalah pada tingkat 3 sementara PageMaker adalah pada versi 7, tetapi sekarang dipasarkan ke sektor bisnis.
Dalam tahun-tahun sejak diperkenalkan PageMaker dan pembelian oleh Adobe, Quark, Inc QuarkXPress mengambil alih sebagai kekasih aplikasi desktop publishing. Tapi hari Adobe InDesign adalah tertanam kuat di sektor profesional dan membujuk lebih banyak mengkonversi pada PC dan platform Mac.
Sementara Macintosh masih dianggap oleh beberapa orang sebagai platform pilihan untuk desktop publishing profesional, puluhan "konsumen dan bisnis penerbitan desktop kecil" paket hit rak di tahun 1990-an, katering untuk legiun pertumbuhan PC / pengguna Windows. Paling penting di antara Windows rendah biaya pilihan desktop publishing, Microsoft Publisher dan Serif PagePlus terus menambahkan fitur-fitur yang membuat mereka lebih dan lebih layak sebagai pesaing dengan "aplikasi tradisional profesional."
Dektop Penerbitan di abad ke-21 telah melihat perubahan dalam cara kita mendefinisikan desktop publishing termasuk yang melakukan desktop publishing dan software yang digunakan, meskipun banyak pemain asli tetap.

MACAM MACAM PEMROGRAMAN DESKTOP
Pemrograman desktop dibagi 3 yaitu .Net, Java dan Delphi. Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp. Sedangkan pemrograman web dibagi 3 yaitu PHP, ASP dan HTML. Dan untuk pemrograman mobile yang digunakan adalah J2ME.
               Tiap pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan pemrograman desktop yaitu tidak perlu online dalam menjalankannya, sedangkan kekurangannya yaitu harus menginstal programnya atau memakan space hardisk. Untuk pemrograman web mempunyai kelebihan yaitu tidak perlu menginstal program  ( cukup browsing di internet ) tetapi kekurangannya yaitu harus online. Pemrograman mobile kelebihannya yaitu praktis ( dapat dijalankan dimana saja ) sedangkan kekurangannya yaitu tampilan kecil dan fitur kurang lengkap.
  • PEMROGRAMAN DESKTOP
    1. NET
    NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki ruang lingkup besar dan kompleks. Net dikembangkan oleh Microsoft sebagai sistem untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak.NET Framework dirancang Microsoft dengan terkait pengembangan bahasa-terutama C # dan Visual Basic-untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami para pengembang perangkat lunak Windows dan user. Kelebihan .Net yaitu memungkinkan kita membuat aplikasi windows base  yang di launch melalui Internet Explorer  sehingga kita dapat memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web sedangkan kekurangannya boros memori.
    Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp (C #):
    Microsoft Visual Basic.NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .Net Framework, dengan menggunakan bahasa basic. Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).
    C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an . C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat oop.
    C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .Net Framework.

         2.  JAVA

    Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystem dan diterbitkan tahun 1995. Fitur pada Java yaitu Java virtual machine (jvm), garbage collection, code security. Kelebihan dari Java adalah multiplatform, perpustakaan kelas yang lengkap, bergaya C++, pengumpulan sampah otomatis. Kekurangan Java adalah tulis sekali, perbaiki di mana saja, mudah didekompilasi, penggunaan memori yang banyak.

         3.  DELPHI

    DELPHI adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.  Ciri sebuah objek adalah memiliki nama, properti dan method/procedure. Komponen-komponen yang ada tidak hanya berupa teks (yang sebenarnya program kecil) tetapi muncul berupa gambar-gambar. Keuntungan dari DELPHI yaitu komunitas pengguna yang besar pada usenet maupun web, dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning, banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging), optimasi kompiler yang cukup cepat, mendukung multiple platform dari source code yang sama. Kekurangan dari DELPHI adalah partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya), terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix), akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal, dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)MAC
MACAM MACAM BAHASA PEMROGRAMAN DESKTOP
JAVA
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
Sebagai bahasa pemrograman berorientasi object Java Platform Standard Edition (JSE) menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pengembangan aplikasi di desktop dan client/server. Materi pelatihan pada Java Fundamental (JSE) akan fokus ke masalah pengantar aplikasi Java, pemrograman berorientasi object (OOP), dan berbagai teknik yang digunakan pada pemrograman bahasa Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa peserta training disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman Java di level dasar-intermediate.
C
Bahasa pemrograman C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.
Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di mata para pakar dunia komputer, terutama di kalangan pendidikan, karena bahasa C dianggap sebagai bahasa yang memiliki banyak keunnggulan dibanding bahasa yang lain. Dilihat dari sisi sintaksnya Bahasa C sangat mudah dipelajari baik bagi kalangan pelajar/mahasiswa maupun kalangan masyarakat umum, dan dari segi kecepatan Bahasa C sangat tangguh karena bisa berjalan secepat bahasa tingkat rendah (rakitan). Karena keunggulannya tersebut, bahasa C dipakai sebagai mata kuliah wajib hampir di seluruh perguruan tinggi di dunia.
C++
Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ adalah meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class
PHP
PHP adalah bahasa pemrograman Web yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinam untuk digunakan untuk pemakaian lain.
Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Kelebihan PHP adalah tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana – mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
VISUAL BASIC
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java
C#
C# adalah sebuah bahasa pemrograman modern yang bersifat general-purpose, berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework. Bahasa C# ini memiliki kemiripan dengan bahasa Java, C dan C++ (selengkapnya dapat dilihat pada Sejarah Bahasa C#). Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh sebuah tim pengembang di Microsoft yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg, seorang yang telah lama malang melintang di dunia pengembangan bahasa pemrograman karena memang ialah yang membuat Borland Turbo Pascal, Borland Delphi, dan juga Microsoft J++. Kini, C# telah distandarisasi oleh European Computer Manufacturer Association (ECMA) dan juga International Organization for Standardization (ISO) dan telah menginjak versi 3.0 yang mendukung beberapa fitur baru semacam Language Integrated Query (LINQ) dan lain-lainnya
PHYTON
Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek.
Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.
Interpreter Python dan kumpulan library-nya bisa didapatkan gratis di situs resminyahttp://www.python.org/, dan boleh didisribusikan secara bebas. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan distribusi dan modul serta link-link situs yang menyediakan modul, program dan tool serta dokumentasi tambahan. Interpreter Python sangat mudah ditambahkan dengan fungsi-fungsi baru dan tipe data yang diimplementasikan dengan C/C++ atau bahas pemrograman lain yangdapat dipanggil menggunakan C. Python juga cocok untuk digunakan sebagai bahasa tambahan untuk kustomisasi aplikasi, seperti yang banyak digunakan dalam aplikasi GNU/Linux.(Python Documentation)
PERL
Perl umum adalah bahasa pemrograman-tujuan awalnya dikembangkan untuk manipulasi teks dan digunakan untuk berbagai tugas termasuk sistem administrasi, pengembangan web, pemrograman jaringan, pengembangan GUI, dan banyak lagi.
Berjalan pada mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Biaisan bahasa ini dimaksudkan untuk menjadi praktis karena mudah digunakan, efisien, lengkap juga indah, kecil, elegan, minimal. Besar fitur yang mudah digunakan, mendukung kedua prosedural dan berorientasi objek (OO) pemrograman, telah built-in untuk mendukung pemrosesan teks, dan memiliki satu dunia yang paling mengesankan koleksi dari modul pihak ketiga
Objective-C
Objective-C adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C digabung dengan gaya bahasa SmallTalk. Dengan kata lain, Objective-C pada OOP-nya bergaya SmallTalk yaitu menggunakan message passing sedangkan C++ menggunakan pemanggilan method.
Objective-C saat ini banyak digunakan pada platform Mac OS X dan iOS (iOS adalah sistem operasi untuk iPhone, iPod Touch dan iPad… naahhhh!). Dengan adanya framework Cocos2D yang notabene adalah framework untuk membuat game di iPhone, maka Objective-C makin banyak yang mempelajarinya. Catatan Cocos2D merupakan bagian Cocoa Touch API (dari namanya sudah ketahuan untuk membuat aplikasi touchscreen) yang dibuat menggunakan Objective-C. Objective-C juga merupakan bahasa pemrograman utama pada sistem operasi NextStep. Kenapa Objective-C digunakan di sistem operasi Mac? karena Steve Jobs (pendiri Apple Inc.) membuat perusahaan bernama NeXT yang menggunakan Objective-C berlisensi dari StepStone untuk membuat sistem operasi NextStep. Karena NeXT diakuisisi Apple Inc. maka NextStep dimodif menjadi Mac OS dan tentu saja dibangun menggunakan Objective-C. Sehingga Objective-C menjadi bahasa pemrograman utama pada produk-produk MacIntosh.
DELPHI
Delphi adalah kompiler / penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan Basic atau C yang merupakan produk dari Borland corp. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa procedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya.

1 komentar:

  1. Artikelnya keren kak, sangat membantu saya dalam menambah referensi untuk matkul System Terdistribusi, oh ya sebelumya perkenalkan nama saya Yuli Suseno dari kampus ISB Atma Luhur. terus tulis artikel lainnya ya kak

    BalasHapus